Bayi Pakistan Dengan Penyakit Jantung Langka Diobati Di India

Bayi Pakistan Dengan Penyakit Jantung Langka Diobati Di India

ISLAMABAD: Sebuah tim dokter di Noida (India) memberikan kesempatan hidup baru kepada anak laki-laki Pakistan berusia tiga tahun, yang menderita penyakit jantung langka, ditemukan di antara 200.000 anak-anak.

Menurut saluran berita kesehatan, Mohammad Bilal menderita anomali Uhl, penyakit yang berhubungan dengan ventrikel kanan jantung.Otot-otot di ruang kanan hatinya lemah dan membesar, yang meningkatkan tekanan pada ruang kirinya.

“Akibatnya, jantung anak tidak berfungsi dengan baik dan darah yang dipompa tidak dapat mencapai paru-parunya, sehingga berisiko tinggi pada hidupnya,” kata dokter dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.Bilal diobati dengan prosedur Fontan dan pengecualian ventrikel kanan dari metode sirkulasi, prosedur operasi kritis yang memakan waktu sekitar lima jam.

“Di bawah prosedur ini, seluruh darah biru tubuh anak dipompa langsung ke paru-parunya melalui sebuah tabung dan ruang jantung kanan dihilangkan,” kata para dokter.

“Karena penyakit yang berkepanjangan, anak menjadi sangat lemah, oleh karena itu, dia tetap menjalani ventilator selama empat hari pasca operasi,” tambah mereka.Para dokter lebih lanjut mengatakan bahwa anak tersebut juga diberi obat sehingga tubuhnya mendapat kekebalan dan tidak mengalami infeksi apapun.

India mengeluarkan visa medis untuk anak-anak Pakistan yang sakit.Bilal juga diberi makanan berkalori tinggi, tinggi protein dan vitamin melalui tabung makanan untuk memastikan pemulihan cepat. Anak berusia tiga tahun itu dipecat minggu lalu, kata dokter tersebut.